Review Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential

Xiaomi saat ini sudah memiliki sebuah perangkat AIoT yang dapat meringankan beban kita saat membersihkan rumah.

Perangkat tersebut bernama Xiaomi Robot Vacuum-Mop. Sesuai namanya, robot yang satu ini akan menyapu dan mengepel lantai yang kotor sehingga tak perlu lagi membuat pundak terasa pegal.

Pada dasarnya, Xiaomi Robot Vacuum-Mop merupakan sebuah vacuum cleaner yang bisa berjalan sendiri. Di bagian belakangnya ada sebuah alat pel yang nantinya akan membersihkan debu – debu.

Robot ini sendiri nantinya akan bisa diattur secara otomatis untuk membersihkan rumah tanpa disuruh. Semua itu tentu saja diatur oleh sebuah aplikasi.

Spesifikasi Xiaomi Robot Vacuum-Mop:

  • Daya Hisap: 2200 Pa
  • Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n 2.4 GHz
  • Baterai: 2500 mAh
  • Daya listrik: 25 watt
  • Tangki debu: 0.42 liter
  • Tangki air: 0.2 liter
  • Sensor: Gyroscope, distance, collision, level
  • Dimensi: 43 x 39 x 14 cm
  • Bobot: 3,6 kg
  • Filter: Nylon + Sponge + HEPA

Robot ini dijalankan menggunakan memakai baterai. Dengan kapasitas tersebut, Xiaomi Robot Vacuum-Mop ini bisa digunakan pada waktu yang cukup lama  .

Robot ini akan secara otomatis kembali ke docking ketika baterainya akan habis. Benda berbentuk bulat ini terlihat relatif minimalis dan sederhana di saat keluar dari paket penjualannya.

Warna dari robot yang satu ini adalah putih, sehingga nantinya tentu akan memudar mengingat akan selalu berhubungan dengan kotoran.

Saat mengeluarkannya pun sangat terasa bahwa bobot 3,6 KG ini belum tentu mudah diangkat oleh beberapa orang. Serta dimensinya yang cukup besar juga memerlukan ruang penyimpanan yang khusus.

Perangkat ini datang dengan sebuah docking yang juga selain sebagai tempat untuk parkir juga untuk mengisi baterai sebesar 2500 mah.

Docking-nya sendiri memiliki dimensi yang tidak terlalu besar . Charger yg terdapat harus ditancapkan di bagian bawah docking ini. Hal tadi bermanfaat untuk memberikan daya bagi docking serta mengisi daya buat robotnya.

Bagian depan berasal Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential ini ialah “mata” yang akan mendeteksi obyek yang terdapat didepannya.

Sensor yang ada akan membuat Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential akan berhenti serta mengambil jalur lainnya untuk membersihkan lantai.

Jika sensor tidak mendeteksi apa pun, namun ada ganjalan pada sisi kanan, kiri, juga atasnya, cangkang asal sensor tadi juga merupakan sebuah bemper yang akan mendeteksi benturan. Jadi, perangkat ini tidak akan memaksa untuk terus jalan saat membentur sesuatu.

Bagian belakangnya ada beberapa lubang ventilasi. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan pembuangan udara penyedot.

Dan  di bagian bawahnya bisa ditemukan 2 sapu dengan tiga tangkai kuas sapu yang akan mengumpan debu langsung ke lubang vacuum-nya. Nantinya, modul mop atau alat mengepel disambungkan juga di bagian bawah-belakangnya.

Pada permukaan dari Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential ada dua tombol, yaitu power dan  home.

Menekan tombol power selama dua detik akan menyalakan atau mematikan perangkat ini. Tombol home sendiri akan membuat Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential untuk bergerak menuju docking-nya.

Di bagian atas juga, pengguna bisa membuka penutup untuk mengakses wadah debu dan  air. Untuk wadah airnya, Xiaomi melarang pengguna untuk menggunakan air dengan disinfektan serta mengharuskan mengisi air yang bersih.

Filter yang terdapat pada wadah debunya terpasang 3 lapis yang terdiri dari nylon, spons, serta HEPA. Xiaomi Mi Robot Vacuum Mop Essential dapat dioperasikan dengan menggunakan aplikasi Mi Home.

Di software ini, semua pengaturan bisa diakses sehingga memudahkan pengguna pada memakainya. Mi Home juga akan menyediakan sebuah peta yang sudah dilewati oleh Mi Robot Vacuum Mop Essential. Jadi cukup terlihat bagian mana yang sudah dibersihkan oleh robot ini.

Dimensinya yang ramping bisa membuat robot ini masuk ke bawah meja dan  lemari. Walaupun begitu, tidak semua bagian bawah perabotan bisa dimasuki oleh robot ini.

Serta berbicara mengenai bagian bawah perabotan, ada baiknya sebelum mengoperasikan Mi Robot Vacuum Mop Essential, untuk menggeser kursi ke bagian lain supaya tak Mengganggu.