TikTok Jadi Aplikasi Paling Laris Kalahkan Facebook and The Geng!

Populernya Tik Tok sampai sekarang diketahui masih sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari penampilan Tik Tok sebagai aplikasi yang laris manis diunduh di awal tahun 2021 ini.

Setidaknya, itulah yang di laporkan oleh preeliminary lewat firma riset sensir Tower. Dari laporan itu, Tik Tok diketahui sudah di download sampai sebanyak 384,6 juta kali sepanjang kurun waktu 6 bulan awal di tahun 2021 ini.

Jumlah itu adalah gabungan dari angka download pada toko aplikasi App Store dan juga Google Play Store.

Adanya angka download yang sudah menggapai 384,6 juta kali ini, secara perhitungan artinya Tik Tok sudah mengalahkan jumlah unduhan media sosial raksasa dari keluarga Facebook.

Aplikasi yang paling banyak di download sesudah Tik Tok pada periode awal tahun 2021 ini secara berturut – turut adalah Facebook, IG, Whatsapp, Telegram, Messenger, Zoom, Snapchat, Capcut, serta Google Meet.

Karena mendapatkan angka 384,6 jutaan, jumlah download dari TikTok sendiri itu sebetulnya sudah menurun sebanyak 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020 kemarin.

Karena, di tahun lalu TikTok sendiri juga muncul sebagai sebuah aplikasi yang paling banyak di download dengan total download menggapai angka 619 juta download.

Menurunnya jumlah download Tik Tok ini sejalan dengan melambatnya angka downloadan pada semua aplikasi di awal tahun pertama 2021.

Dari YoY nya, angka download aplikasi tersebut Cuma tumbuh tipis sebanyak 1,7% yaitu mencapai 72,5 miliar download saja.

Padahal, di tahun lalu pada periode yang sama, pertumbuhan angka downloadan aplikasi ini naik tajam sampai dengan 25,7% dengan total download menggapai 71,3 miliar secara YoY.

Di periode paru utama di tahun 2021 ini, angka spending pengguna pada aplikasi mobila juga dikabarkan baik sampai menggapai angka 64,9 miliar dollar AS atau kira – kira Rp 942,5 triliun di paruh awal 2021 ini.

Jumlah itu sendiri adalah gabungan atas pembelian aplikasi, berlangganan, serta aplikasi premium dari pengguna gadget pada toko aplikasi App Store ataupun Google Play Store.

Dari data aplikasi yang punya basis langganan pada 100 aplikasi paling atas yang tak termasuk game, Tik Tok dicatat sebagai aplikasi paling laris pada toko aplikasi Google Play Store dan juga App Store.

Pengguna akan bisa menghabiskan lebih dari 920 juta dollar AS atau setara dengan Rp 12,1 triliun pada Tik Tok sepanjang paruh pertama di tahun ini yang berarti naik sebanyak 74% kalau diberikan perbandingan dengan periode di tahun lalu.

Untuk keseluruhannya, di periode ini, belanja konsumen sepanjang paruh pertama 2021 pun didorong dengan aplikasi olahraga, keuangan, buku, bisnis, serta hiburan.