Konten Yang Makin Diminati Pengguna Facebook, Apatuh?

Para pengguna Facebook sebelumnya lebih banyak mengonsumsi konten – konten yang berupa status teman, foto, hingga informasi yang berupa teks. Dan sekarang ini akan ada konten yang semakin disukai oleh para pengguna Facebook, yaitu video.

Hal ini pun diungkapkan secara langsung oleh pendiri sekaligus CEO dari Facebook bernama Mark Zuckerberg belakangan ini.

“Video saat ini sudah menyumbang hingga hampir setengah dari total waktu yang dihabiskan oleh para pengguna di Facebook.” Ucap Zuckerberg di dalam pemaparan laporan keuangan perusahaan kuartal II – 2021 belakangan ini.

Walaupun begitu, namun Mark Zuckerberg masih belum memberikan informasinya yang spesifik mengenai berapa sebetulnya total waktu yang dibutuhkan bagi para penggunanya di platformnya.

Tetapi, sebagai gambarannya, para pengguna di Amerika Serikat atau AS sendri rata – rata sudah menghabiskan hingga 35 menit dalam seharinya untuk mengakses Facebook di tahun 2020.

Sementara di tahun 2021 ini, para pengguna AS diperkiraan akan menghabiskan waktu hingga 33 menit lamanya di dalam platform Facebook. Itu barulah angka yang didapatkan di wilayah AS, belum secara globalnya.

Selain itu, konten video terutama video pendek juga semakin bersemi pada platform Instagram. Indikasinya menurut Mark Zuckerberg adalah karena adanya fitur video pendek atau reels yang menjadi penyumbang paling besar bagi pertumbuhan engagement pada Instagram itu sendiri.

Selain itu, mengenai bisnis Facebook sendiri di kuartal II 2021 ini, Facebook memperlihatkan catatan pertumbuhan pendapatanh kuartal mereka yang paling kuat dalam beberapa tahun terakhirnya ini.

Pendapatan Facebook di dalam periode ini sendiri tercatat sudah lebih dari 29 miliar dollar AS atau kurang lebih setara dengan Rp 420 miliar.

Angka ini pun naik sebanyak 56% jika dibandingkan dengan pendapatan Facebook pada periode yang sama di tahun 2020.

Perusahaan juga memberikan laporan bahwa ada lebih dari 3,5 miliar pengguna yang aktif secara bulanan pada platform Facebook.

Facebook sendiri saat ini diketahui sedang berusaha untuk menggaet lebih banyak kreato9r ke dalam jejaring sosial milik mereka dengan cara memberikan janji bahwa akan ada bayaran dari Facebook dengan total mencapai Rp 14,5 triliun.

Pengumuman mengenai bayaran ini pun disampaikan secara langsung oleh Mark Zuckerberg di dalam sebuah unggahannya yang ia posting ke akun Facebook milik dirinya di pertengahan Juli ini.

“Kami membuat program – program yang baru untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dollar AS menajadi penghargaan kreator yang bisa membuat konten yanag bagus di Facebook sekaligus Instagram sampai dengan tahun 2022.” Ucap Mark Zuckerberg.

Dari informasi yang ada, kabarnya nanti para kreator akan mendapatkan bayaran yang dengan memakai fitur tertentu pada Facebook serta Instagram atau dengan menggapai milestone tertentu.