Jenis USB Dari Versi Pertama Sampai Sekarang

Perangkat computer laptop di zaman sekarang memang sudah lengkap dengan port USB. USB sendiri merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dan merupakan penghubung perangkat elektronik yang sifatnya eksternal seperti printer, keyboard, mouse, ke computer, USB sendiri juga bisa dipakai untuk menjadi media perantara untuk mentransfer data ke laptop atau computer lewat perangkat hard disk eksternl, flash dis, sampai dengan smartphone. Kalau sekilas dilihat, setiap port USB yang ada di laptop atau computer ini lebih cenderung punya ukuran yang sama. Namun sebenarnya USB ada banyak jenisnya loh. Jenisnya bisa dibedakan lewat bentuk fisiknya. Nah, untuk kalian yang mau tahu, yuk simak di bawah ini.

1.Micro USB Tipe A

Micro USB Tipe A

Diantara berbagai jenis USB yang ada, micro USB adalah salah satu jenis yang samapi sekarang banyak dipakai. USB ini dinilai sangat mobi8le friendly dibandingkan dengan pendahulunya yaitu mini USB. Salah satu jenisnya adalah micro USB tipe A yang bentuknya lebih lebar serta pipih kalau dibandingkan dengan mini USB. Biasanya ditemukan di ponsel, kamera digital dan juga PDA.

2.USB Standar Tipe A

USB Standar Tipe A

Tipe A adalah salah satu dari banyaknya tipe USB yang paling sering dipakai dan paling mudah itemukan dimana – mana. Tipe ini bentuknya persegi dan cenderung lebar. Biasanya tipe ini dipakai untuk menghubungkan peripheral misalnya keyboard dan mouse ke computer yang personal. Selain itu, tipe ini juga punya fungsi sebagai alat transfer data lewat smartphone. Karena tipe ini paling umum, maka tipe ini bisa dipakai ke mana saja.

3.Mini USB

Mini USB

Bentuk USB yang satu ini lebih kecil dibanding tipe A dan merupakan jenis yang biasanya dipakai di mobile device misalnya smartphone. Fungsinya adalah untuk membantu pengisian daya baterai atau membant charging. Selain smartphone, bisa juga dipakai di MP3 player dan beberapa kamera digital yang punya konektor dengan standar yang berbeda dari konektor pada umumnya. Tapi sekarang, mini USB ini sudah sangat jarang dipakai.

4.Micro USB Tipe B

Micro USB Tipe B

Selain tipe A, ada juga satu tipe USB micro lainnya, dimana tipe ini punya bentuk yang lebih melengkung dan banyak ditemukan di ponsel, PDA, serta kamera digital. Untuk kecepatan transfernya, USB ini punya ukuran kecepatan yang sama dengan tipe A nya.

5.USB Standar Tipe B

USB Standar Tipe B

Jenis USB yang satu ini biasanya dipakai untuk menghubungkan perangkat tambahan misalnya scanner atau printer. Selain itu, hard drive eksternal juga biasanya lengkap dengan USB Tipe B. walaupuan bentuknya sama – sama persegi namun bentuknya ini tak selebar pendahulunya. Dari banyaknya jenis USB yang ada, tipe ini adalah tipe yang tak terlalu umum dan jarang dipakai.

Itulah berbagai jenis USB yang ada di dunia. Semoga bermanfaat.