Horizon Workrooms, Aplikasi Kantor VR Milik Facebook

Pada minggu ini, Facebook diketahui baru saja memberikan perkenalan kepada aplikasi terbaru mereka yang berupa ruang kantor dengan basis virtual reality atau VR yang mereka beri nama Horizon Workrooms.

Horizon Workrooms sendiri nantinya katanya akan bisa memberikan persediaan ruang pertemuan virtual yang akan bisa dipakai untuk menjadi sebuah sarana tatap muka secara online.

Aplikasi ini sendiri juga kabarnya akan bisa dioperasikan melalui headset Virtual Reality atau VR Oculus Quest 2.

Orang – orang yang berada di dalam ruangan rapat virtual ini juga nantinya akan diilustrasikan ke dalam bentuk avatar 3D yang unik dan juga dimana penampilannya pun bisa diubah – ubah sesuai dengan keinginan.

Di saat sesi pertemuan berlangsung, para pengguna juga bisa saja melakukan video call yang nantinya akan dimunculkan ke dalam sebuah layar presentasi yang dibuat secara virtual.

Ruangan ini juga ikut menyediakan cukup banyak fasilitas seperti papan tulis yang bisa dipakai untuk menulis materi rapat dengan mengandalkan controller dari Oculus Quest 2.

Gerakan yang dilakukan oleh avatar juga bahkan bisa disesuaikan berdasarkan dengan percakapan yang sedang berlangsung atau real time atau mengikuti presentasi yang sedang berjalan.

Ada pula fitur Spatial Audio dimana para partisipan nantinya akan bisa mendengarkan suara dari peserta rapat yang lain yang sesuai dengan posisi mereka di dalam ruangan virtual entah dari arah belakang, samping, maupun depan sekaligus.

Horizon Workrooms juga kabarnya bisa terhubung atau terintegrasi bersama dengan perangkat PC misalnya Windows dan Mac lewat aplikasi pendukung dengan nama Oculus Remote Desktop.

Dengan begitu, maka para pengguna nantinya juga akan bisa saja membagikan file secara virtual bahkan mereka juga akan bisa menulis kan materi rapat melalui perangkat komputer yang ada.

Tiap ruangan rapat juga nantinya akan dilengkapi bersama dengan tautan situs web untuk membantu partisipan jika mereka mau mencai topik pembahasan lewat internet.

Selain itu, partisipan juga bisa me nyinkronkan layanan Outlook maupun Google Calendar di saat rapat sedang berjalan tanpa harus repot – repot pindah ke halaman lainnya terlebih dahulu karena bisa digunakan langsung di saat itu juga.

Horizon Workrooms sendiri kabarnya akan bisa menampung 16 sampai dengan 50 orang sekaligus termasuk dengan orang – orang yang bergabung lewat video call yang dilakukan.

Untuk tahapan awalnya, nantinya aplikasi Horizon Workrooms ini sementara waktu masih Cuma tersedia di dalam versi beta nya saja.

Selain itu, masih belum ada lagi informasi lebih lanjut mengenai kapan kah aplikasi Horizon Workrooms ini akan resmi di rilis ke ranah publik. Jika telah dirilis, aplikasi ini pasti akan sangat menarik.